06 April 2011

Malinda Dikenal Ramah & Dermawan

Inong Malinda alias Malinda Dee saat masih tinggal di rumah mantan suaminya, Adus Ali di kawasan Tebet Barat dikenal ramah dan dermawan. Wajah Malinda dikenal cantik, mirip artis Cut Memey.
Diceritakan Ketua RT 08/ RW 05 Kelurahan Tebet Barat, Susi Dodi, yang sudah 10 tahun menjadi Ketua RT dari 32 tahun dirinya tinggal di kawasan itu, Malinda termasuk lama menghuni rumah Adus Ali, sekitar 20 tahun. Namun dari penuturan orang dalam rumah Adus, Malinda dan Adus sudah berpisah sekitar setahun yang lalu.
"Kata orang dalam sudah. Tapi saya tidak tahu, cuma kalau cerai resmi saya pasti tahu karena ada laporan ke RT juga, tapi ini belum ada laporan jadi sepertinya belum resmi," ujar Susi ketika ditemui wartawan di rumahnya, Tebet Barat, Jakarta Selatan, Selasa (5/4/2011).
Selama menjadi warganya, Malinda dikenal ramah dan dermawan. Sosialisasinya pada warga sekitar juga bagus.
"Ya sama ibu-ibu sini baik-baik saja. Juga suka ikut pengajian, suka ngundang anak yatim juga. Ibu sendiri kaget lihat di TV, kan sudah kayak saudara. Ibu Malinda baik, sopan, kalau ada yang meninggal suka datang, kalau ada yang hajatan juga datang," jelas Susi
Jika ada kerja bakti, Malinda yang dikenal dengan sapaan Bu Inong itu mengirimkan pembantunya, entah yang laki-laki atau perempuan. Namun sebagai karyawati bank, Malinda jarang mengikuti senam dan arisan ibu-ibu.
"Ibu Malinda juga rutin bayar kebersihan, keamanan," ucapnya.
Susi mengetahui kalau putra Malinda ada 3 orang, anak pertama dan kedua perempuan berusia 23 dan 20 tahun. Sedang yang terakhir laki-laki berusia 17 tahun. Anak pertama Malinda dan Adus sedang bersekolah di Australia.
Sedangkan Adus Ali, mantan suami Malinda, menjalankan usaha jual beli mobil bekas. Sehingga, tak aneh jika dulu banyak mobil bekas menghiasi rumahnya. Namun, Susi mengaku tak satu pun mobil mewah yang dipamerkan ke polisi akhir-akhir ini tampak di rumahnya.
"Bukan paling kaya ya, di situ kan dulu paling banyak mobil tapi itu kan jualan. Kalau mobil yang di TV itu nggak pernah dibawa ke sini. Setahu saya mobil yang di sini itu Mercy, kalau berangkat ke kantor kadang-kadang pakai Kijang biasa. Dulu penuh (mobil)," cerita Susi yang mengenakan daster merah muda itu.
Dulu, rumah Adus yang merupakan warisan ayahnya Ali, tidak sebagus kini. Namun perlahan rumah tersebut direnovasi sehingga menjadi tingkat 2. Mertua Malinda, Ali sebelumnya menjalankan usaha jual beli rumah dan sudah meninggal 2 tahun.
Susi pun terakhir bertemu Malinda setahun lalu. Kini saat melihat di TV karena ada kasus dugaan penilepan nasabah Citibank, Susi kaget. Wajah dan tubuh Malinda, rupanya sudah jauh berubah.
"Ininya kan berubah (sambil tangannya memperagakan di sekitar dada). Uhh semua wajahnya sudah berubah. Aslinya cantik itu. Setahun yang lalu masih asli, sekarang nggak tahu kok jadi kayak gitu. Dipengaruhi siapa ya, saya juga kadang-kadang kasihan," tuturnya.
Tampilan Malinda, dulu biasa saja. Bila pengajian, Malinda selalu mengenakan jilbab. Sekarang Susi menilai Malinda lebih glamor dan berani.
Secantik apa sih Malinda Dee dulu? "Dulu kalem. Bu Inong kan orang Aceh, ya putih wajahnya lonjong, ya lebih kaya Cut Memey.., ya dulu," sebut Susi.