18 Juni 2011

M Nasir, Kakak Nazaruddin Yang Dijuluki New Kid on The Block

Jakarta: Sejak mencuatnya kasus dugaan korupsi wisma atlet yang melibatkan Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin, nama M Nasir semakin sering disebut-sebut. Padahal nama kakak kandung Nazaruddin itu semula nyaris 'tenggelam'.

Di Senayan, Nasir dikenal sebagai anggota Fraksi Partai Demokrat yang rajin. Dalam setiap rapat kerja yang dilakukan oleh Komisi III, M Nasir yang resmi menjadi anggota komisi yang membidangi masalah hukum dan HAM ini kerap hadir. Terakhir, M Nasir terlihat saat rapat dengar pendapat dengan Kapolri Jendral Pol Timur Pradopo beberapa waktu lalu.

Namun sayang, saat disambangi ke ruangannya di lantai 21, Jumat (17/6/2011), ruangannya tertutup. Menurut staf salah satu anggota fraksi Demokrat, Nasir hari ini tak datang ke DPR. Padahal, Fraksi Demokrat, setiap akhir minggu, selalu menggelar rapat internal.

Tak ada yang mau menjelaskan, kemana M Nasir pergi. Begitu juga saat ditanyakan alamat M Nasir.

M Nasir bagi rekan-rekannya di Komisi III dianggap anak baru yang tak banyak tingkah. Duduk, diam, dan hanya memperhartikan satu persatu rekan-rekannya bertanya kepada para pejabat yang diundang rapat dengar pendapat (RPD) dengan Komisi III.

"Dia cuma say hello, lalu lebih banyak diam. Pokoknya ngga pernah mengajukan pertanyaan deh saat RDP dengan siapapun. Terakhir, saat RDP dengan Kapolri, kemarin, dia juga hadir," kata salah seorang anggota Komisi III DPR, rekan Nasir yang enggan namanya dikutip.

"Kami mengibaratkan dia sebagai anggota New Kids On The Block. Karena baru, jadi ngga pernah macam-macam. Diam saja. Kalau rapat sudah selesai, ya begitu saja. Teman-teman di Komisi III dari fraksi lain juga tak terlalu akrab dengan dia," tuturnya lagi.

Nama M Nasir kini disebut-sebut terkait dengan kasus dugaan penyuapan di Kemendiknas. Namanya terkait bersama dengan Muhammad Nazaruddin. Nazaruddin pernah dipanggil oleh KPK, namun mangkir. Sementara M Nasir, belum dipanggil resmi oleh KPK.

Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat (PD) Saan Mustofa saat dikonfirmasi membantah bila M Nasir rajin bolos. Ia memaklumi, bila M Nasir jarang mengajukan pertanyaan saat rapat dengar pendapat di Komisi III. Dengan alasan, M Nasir masih perlu sosialisasi lantaran harus menyesuaikan diri karena selama ini menjadi anggota Komisi VII DPR.