25 Juni 2011

Dr Martha Tilaar dan Perempuan Masa Kini

Jakarta: Pakar kecantikan Indonesia Dr. Martha Tilaar optimistis bahwa Perempuan Indonesia mampu memegang peranan penting dalam kemajuan dunia. Lantas, bagaimana penilaiannya terhadap perempuan Indonesia ?

Bagi pendiri dan komisaris utama dari Martha Tilaar Group ini, perempuan masa kini harus memegang peranan penting dalam kemajuan perekonomian dunia, mengingat populasi perempuan di dunia lebih besar dibandingkan pria.

"Sudah saatnya perempuan di seluruh dunia terlebih Indonesia untuk bergerak, tidak lagi menggantungkan diri kepada pria," kata Martha Tilaar. Bagi Dr Martha, perempuan Indonesia khususnya perempuan enterpreneur harus bisa menjadi role model bagi kaum perempuan seluruh dunia.

"Perempuan enterpreneur harus bisa menjadi contoh bagi yang lainnya. Setiap perempuan bisa menjadi role model. Jangan pernah takut," ungkapnya. "Setiap orang bisa menjadi role model, asal jangan sombong, iri hati, dan tak berpikir instan," tambah perempuan 74 tahun ini.

Ia melanjutkan, jangan pernah berpikir instan karena sukses membutuhkan pengorbanan. "Saat awal membangun usaha, saya tidak pernah menghias diri dengan berlian atau lainnya, karena fokus mengembangkan bisnis," kata Dr Martha sederhana, menyontohkan sebagian kecil sikap mental yang membawanya pada kesuksesan kini.

Istri pendidik Prof Dr HAR Tilaar ini lahir di Kebumen Jawa Tengah 4 September 1937, memiliki 4 orang anak Bryan Emil Tilaar, Pinkan Tilaar, Wulan Tilaar, Kilala Tilaar dan nenek dari beberapa orang cucu. Dr Martha menyempatkan diri mengambil kuliah kecantikan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS, saat mengikuti suami tugas belajar.

Dia telah membuat kecantikan dan keayuan wanita Indonesia selalu terpelihara. Lulusan Jurusan Sejarah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta 1963, ini resmi mendirikan badan usaha pada 1971. Peraih gelar Doktor Kehormatan (Honoris Causa) dalam bidang “Fashion and Artistry” dari World University Tuscon, Arizona, AS pada 1984 ini memulai bisnisnya dari titik nol.

Bermula di garasi rumah ayahnya Yakob Handana, terletak di Jalan Kusuma Atmaja No. 45 Menteng, Jakarta Pusat. Martha, yang semasa kecilnya dikenal sebagai gadis tomboy ini mendirikan sebuah salon kecantikan sederhana “Martha Salon”, persis pada 3 Januari 1970.

Prinsip berbagi menjadi salah satu karakter khas ibu empat anak ini. Berbekal pengalaman dan prestasinya, Dr Martha mengunjungi berbagai negara seperti Kanada, Malaysia untuk tampil di forum dunia.