07 Juni 2011

John Bryson di Tengah Tantangan Ekonomi Amerika

Presiden Barack Obama menambah satu lagi anggota tim ekonominya. Ia memilih seseorang dengan latar belakang luar biasa, John Bryson. Siapa dia?

“Dengan bangga saya mencalonkan John Bryson sebagai menteri perdagangan. Ia mengerti apa yang dibutuhkan Amerika untuk sukses dalam perekonomian abad ke-21. John akan menjadi bagian penting dari tim ekonomi saya,” demikian pernyataan Obama.

Peran Bryson amat penting, di tengah gencarnya perdagangan dunia yang secara perlahan namun pasti mulai dikuasai oleh China. Bryson memiliki pengetahuan dan pengalaman puluhan tahun di sektor publik dan swasta.

“John akan memberikan ide-ide berharga serta berinisiatif untuk memperkuat persaingan Amerika di seluruh dunia,” lanjut Presiden AS ke-44 itu.

Obama yakin, Bryson mampu memimpin kementerian perdagangan AS serta menciptakan lapangan pekerjaan, pertumbuhan ekonomi, pembangunan yang seimbang dan memperbaiki standar kehidupan Amerika.

Tugas berat sudah menanti Bryson di kementerian itu, jika parlemen menyetujui penunjukkan oleh Obama ini. Ia harus berada di belakang kemudi yang mengendalikan kompetisi perdagangan global Amerika.

Juga memperkuat posisi ekonomi Amerika secara internasional dan memfasilitasi perdagangan global dengan membuka pasar baru bagi AS. Bryson harus meneruskan misi Obama untuk menggandakan ekspor Amerika yang bisa membuka lapangan pekerjaan.

Sebelumnya, Bryson adalah direktur dan CEO Edison International, perusahaan induk Southern California Edison dan Edison Mission Group. Ia menjabatnya pada 1990 hingga 2008. Ia juga sempat menjadi direktur di Boeing Company, Walt Disney Company dan Coda Automotive, Inc.

Pria lulusan Cleveland High School di Oregon ini juga penasihat senior KKR. Ia pernah menjadi ketua dewan direksi BrightSource Energy, Public Policy Institute of California (PPIC). Selain anggota Board of Overseers Keck School of Medicine of the University of Southern California (USC).

Jabatan mengagumkan lainnya adalah wakil direktur Pacific Council on International Policy (PCIP). Ia juga anggota dewan kehormatan California Institute of Technology dan pernah menjadi direktur di California Endowment dan W. M. Keck Foundation.

Bryson juga pernah menjejakkan kakinya ke dunia perbankan dnegan menjadi anggota dewan penasihat Deutsche Bank Americas. Ia juga aktif di sejumlah dewan pendidikan atau lingkungan hidup lainnya. Misalnya dengan menjadi direktur California Business Roundtable.

Petualangan eksekutif Bryson tak hanya itu. Ia pernah menjabat sebagai wakil direktur Electric Drive Transportation Association (EDTA), anggota dewan kehormatan Stanford University. Kemudian juga anggota penasihat Sekjen PBB dalam Advisory Group on Energy and Climate Change (AGECC).

Lulusan Stanford University dan Yale Law School ini pernah menjadi presiden California Public Utilities Commission, ketua dewan California State Water Resources Control dan menjadi anggota dewan Foreign Relations.

Di awal mula karirnya, ia merupakan pendiri dan pengacara untuk Natural Resources Defense Council (NRDC), sebuah kelompok lingkungan hidup nasional dan internasional. Pengumuman Bryson sebagai calon menteri perdagangan AS disampaikan pada 31 Mei 2011 lalu.